10 Hal Penghambat Rizki


Mencari nafkaf memang bukan perkara mudah, bekerja keras membanting tulang untuk kehidupan sehari-hari. Terkadang pula rizki yang didapat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun telah bekerja sebaik dan sekeras mungkin, tetapi tetap tidak ada perubahan. Mungkin ada hal yang menghambat datangnya rizki kepada kita.

Dosa adalah sebuah istilah yang menjelaskan tindakan melanggar norma dan aturan yang telah ditetapkan oleh Allah. Dosa juga berkaitan sangat erat dengan rezeki kita.

Menurut Ustad Yusuf Mansur dalam kehidupan sehari-hari ada 10 dosa besar yang wajib untuk segera ditinggalkan. Berbagai dosa besar dalam Islam yang disampaikan oleh Yusuf Mansur yang paling utama adalahsikap syirik dan yang disusul oleh dosa karena meninggalkan shalat.

Berikut 10 dosa besar tersebut :

1. Syirik
Syirik atau menyekutukan Allah terhadap makhluk-makhluk yang ia ciptakan, maksudnya ialah lebih mempercayai sesuatu hal (persoalan) terhadap suatu benda atau makhluk, contohnya seperti melakukan pesugihan agar memperoleh kekayaan, memasang susuk agar terlihat rupawan dan mempesona, dan sebagainya.

2. Meninggalkan Shalat
Shalat adalah tiangnya agama, agama adalah penuntun kita ke Allah, jadi jika meninggalkan shalat sama saja menyesatkan diri sendiri dari jalan Allah. Meninggalkan shalat bukan hanya 'tidak mengerjakannya" saja, tapi termasuk menunda-nunda untuk melaksanakannya.

3. Durhaka terhadap orang tua
Marahnya orang tua sama dengan marahnya Allah, durhaka terhadap orang tua juga sama saja durhaka terhadap Allah. Seburuk-buruknya orang tua kita, tetap saja kita adalah anaknya, tanpa mereka kita takan pernah ada. Ingat juga surga itu ada ditelapak kaki ibu, jadi ridho orang tua juga ridho Allah. Maka jangan pernah kecewakan orang tua anda apalagi melukai hatinya.

4. Zina
Zina adalah perbuatan maksiat antara satu individu dengan individu lainnya yang bukan mahram. Zinah bukan hanya melakukan hubungan intim saja, tapi ada juga zina pikiran seperti membayangkan hal yang memancing nafsu syahwat, zina mata melihat lawan jenis dengan nafsu, zina telinga mendengarkan hal-hal yang memancing hawa nafsu dan ada pula zina tangan yaitu seperti bermansturbasi.

5. Rizki Haram ( Makan Harta Haram)
Meskipun mendapat rizki sedikit tapi dari cara yang halal lebih baik dan berkah dari pada mendapat rizki banyak tapi dari cara yang haram. Rizki haram ini bukan hanya dari cara memperolehnya saja, tapi dari siapa juga yang memberinya. Maksudnya yaitu meskipun kita diberi uang tapi dari hasil mencuri tetap saja tidak berkah. Begitu pula jika kita mendapatkan gaji dari tempat kerja kita, tapi ternyata tempat kerja kita menjual jasa/barang yang dilarang oleh agama, tetap tidak berkah walau kita bekerja dengan cara yang halal.

6. Mabuk / minum minuman keras
Minuman keras (miras) adalah sumber dari segala perbuatan maksiat oleh karena itu diharamkan meminumnya. Ketika meminum miras kita akan langsung pusing dan ngefly (terbawa kealam mimpi) dan langsung menjadi mabuk. Dalam keadaan itu kondisi tubuh diantara sadar dan tidak sadar, emosi tak terkontrol, jadi melakukan perbuatan apapun bisa dengan bebas tampa terkendali. Perbuatan maksiat lain yang ditimbulkan akibat minum-minuman keras yaitu zina, mencuri, membunuh, berantem, dan banyak lainnya. Jadi meminum miras dapat menyebabkan kerusakan raga maupun jiwa.

7. Memutus Silaturrahim
Memutuskan tali silaturrahim adalah hal yang paling dibenci oleh Allah SWT, oleh karena itu jangan pernah melakukan hal ini. Perlu diketahui bahwa silaturrahim selain dapat memanjangkan umur juga dapat pula memudahkan rizki.

8. Bohong (Saksi/Sumpah Palsu)
Berbohong adalah salah satu ciri orang munafik. Pantas bila orang tidak menyukai/menjauhi orang-orang yang munafik, karna orang munafik tidak dapat dipercaya dan hanya bisa membual saja, lain dihati, lain dikata, lain diperbuatan.

9. Kikir, pelit
Kikir disini artinya itu tidak mau menunaikan kewajibannya berupa barang/jasa, walaupun ia mampu menunaikannya. Contohnya seperti tidak mau mengeluarkan Zakat Fitrah, Qurban, dan sebagainya.

10. Ghibah, bergunjing
Ini adalah dosa yang paling tidak terasa dan paling banya diperbuat. Menggunjing disini diartikan sebagai memperbincangkan aib atau keburukan seseorang. Meledek kekurangan orang lain pun termasuk kedalam ghibah.

10 hal inilah yang sering atau selalu menghambat datangnya rizki kepada kita, maka jauhilah perbuatan-perbuatan ini, jika melakukan salah satu hal ini, segeralah bertaubat.

Share on Google Plus

About Farih

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar :

  1. bissmillah ajja, mudah mudahan rezeki kita dilancarkan oleh allah, dan terhindar dari hal hal yang diatas.. makasih infonya

    ReplyDelete