Bahaya Minuman Kemasan Bagi Anak

Minuman kemasan kini sangat mudah didapatkan, di warung-warung, maupun penjual asongan. Rasanya pun beraneka ragam, berwarna-warni pula sangat menarik, sehingga menarik pembeli untuk mencobanya. 

Tapi tahukah Anda ? apa saja kandungan dari minuman kemasan tersebut bagi Anda ? Berikut adalah beberapa bahaya yang terkandung dalam minuman kemasan yang sering kita jumpai. 

GULA

kadar gula dalam minuman kemasan

Seorang anak berusia 1-3 tahun boleh mengkonsumi hingga 5 sendok teh gula/hari atau setara dengan 80 kalori jika satu sendok teh gula mengandung 16 kalori, sementara anak 4-6 tahun boleh mengkonsumsi hingga 8 sendok teh/hari atau setara dengan 128 kalori atau setara dengan 10% dari kandungan gizi yang dikonsumsi. 

bahaya gula


Sekarang ini sudah banyak orang yang merasa menderita yang disebabkan karena banyak mengonsumsi gula berlebih. Gula tak hanya menyebabkan diabetes, tapi juga obesitas (kelebihan berat badan), bahkan rata-rata 30% anak Amerika mengidap obesitas. Gula pun menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

KAFEIN

bahaya kafein
Kafein memang bukan hanya terkandung dalam kopi. Minuman lain seperti teh, soda, dan minuman berenergi, bahkan dalam minuman yang dianggap tidak berbahaya seperti susu cokelat dan minuman cokelat. Meski sangat tidak disarankkan, ada batas toleransi bagi anak untuk mengkonsumsi kafein sebagai berikut:
• Empat sampai enam tahun: 45 mg
• Tujuh sampai sembilan tahun: 62 mg
• Sepuluh hingga 12 tahun: 85 mg 

bahaya kafein
Kafein adalah stimulan yang dapat memicu debaran jantung. Kelebihan kafein dapat menyebabkan debar jantung dan susah tidur. Kafein juga menyebabkan kegelisahan, obesitas dan gangguan perut.

TANIN

zat kimia tanin

Tanin mungkin lebih dikenal pada rokok. Padahal, tanin juga bisa ditemukan dalam teh. Kalau anda sering minum teh pahit, pasti sering terasa sepet/kesat di tenggorokan itulah yang dinamakan tanin. Untuk anak-anak, tanin sangat tidka disarankan dan batas toleransinya adalah dua gelas sehari.

Meski tanin dalam teh baik untuk antioksidan, tanin juga memiliki sifat yang dapat mengikat zat besi. Zat besi sangat penting dalma pembentukan darah, sehingga kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Untuk amannya, kalau agan dan sista membuatkan teh untuk anak, jangan terlalu lama dicelup/terlalu pekat. Semakin pekat maka semakin tinggi kandungan taninnya.

SODA

bahaya soda

Harus dibedakan antara soda yang sudah dicampur segala macam hingga menjadi minuman soda yang kita kenal dengan soda yang hanya berupa carbonated water. Ane sudah mencoba untuk membaca apakah carbonated water tanpa campuran pemanis, pewarna dan lain-lain itu berbahaya, dan kebanyakan berkata tidak. Air soda pada dasarnya hanya air mineral yang diberi CO2, namun dalam minuman ringan, ditambahkan lagi sirup jagung, caramel, pewarna, dan pemanis yang menjadikannya berbahaya, baik itu untuk tulang, gigi, dan menyebabkan diabetes serta obesitas. Dapat juga menyebabkan masalah pada ginjal anak maupun dewasa.

SIRUP JAGUNG


Nah mungkin inilah raja daripada minuman berbahaya! Sirup jagung adalah pemanis buatan yang banyak digunakan dalam minuman kemasan karena harganya yang lebih murah dan lebih manis. Tidak seperti gula biasa yang mengandung glukosa, sirup jagung mengandung fruktosa yang lebih berbahaya karena menyebabkan obesitas lebih cepat. 

Sumber : Kaskus
Share on Google Plus

About Farih

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment