Film Animasi Indonesia "Battle of Surabaya" Dilirik Disney

battleofsurabaya-yourswindow.blogspot.com
Battle of Surabaya The Movie

Battle of Surabaya yang diproduksi di bawah naungan MSV Pictures, anak perusahaan kampus STMIK Amikom Yogyakarta itu disebut-sebut sebagai pelopor film animasi yang berstandar Internasional. Bahkan menurut penuturan Aryanto Yuniawan, Sutradara Battle of Surabaya (BOS) pada 21Cineplex.com, Battle of Surabaya mendapat dukungan dari perusahaan film animasi raksasa dunia, Disney.

Disney pun telah memberikan tiga opsi untuk MSV Pictures terkait hal tersebut. Pertama, Disney membeli proyek tersebut. Kedua, Disney membantu dalam mendistribusikan film Battle of Surabaya di jaringannya. Atau ketiga, Battle of Surabaya dapat tayang di Disney Channel layaknya Ipin dan Upin. Namun begitu, pihak MSV Pictures belum memastikan opsi mana yang nantinya mereka pilih. Pasalnya, proses produksi keseluruhannya baru dijadwalkan rampung sekitar bulan April lalu. Mereka akan kembali berdiskusi dengan pihak Disney setelah merampungkannya.

Menurut produser BOS, M. Suyanto, salah satu alasan Walt Disney melirik Battle of Surabaya lantaran BOS menyuguhkan citarasa film Hollywood.

"Ada perjalanan dramatis dan psikologis dalam film ini. Sinematografi ala Barat itu pula yang membedakan Battle of Surabaya dengan film Indonesia lain. Film Indonesia kebanyakan hanya menampilkan dramatis," ungkapnya pada jurnalis Tempo, Anang Zakaria.

Film ini menceritakan tentang petualangan Musa, bocah 13 tahun, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir pesan rahasia untuk pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya. Pesan -pesan rahasianya dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan Bung Tomo.

Demi memproduksi cerita perjuangan tersebut, MVP Pictures harus rela mengeluarkan dana sebesar Rp 15 miliar untuk 3 tahun pengerjaan. Dari sisi penggarapannya sendiri, Aryanto Yuniawan melibatkan sekitar 180 animator yang merupakan mahasiswa, dosen, alumnus, serta sejumlah animator profesional.

battleofsurabaya-yourswindow.blogspot.com
Reza Rahadian as Danu (Voice) & Maudy Ayunda as Yumna (Voice)
Mengingat biaya produksi yang sebesar itu, tak heran bila film ini menargetkan meraup keuntungan sekitar hingga 15 juta dolar As atau setara Rp 200 miliar dengan target penonton segala umur. Untuk memenuhi target bisnis tersebut, pemilihan pengisi suara 3 karakter utama pun dipilih menggunakan pendekatan market. Tim produksi melibatkan calon penonton untuk memilih aktor dan aktris yang cocok menyulihkan suara karakter BOS melalui semacam polling.

"Dari hasil polling ternyata pemenangnya Maudy Ayunda. Maka dari itu akhirnya kita memilih Maudy Ayunda.
Kemudian seperti tokoh Danu, kita juga membuat polling siapa di antara artis-artis Indonesia yang paling cocok memerankan tokoh Danu?. Akhirnya, dari hasil polling pemenangnya adalah Reza Rahadian. Makanya kita juga akhirnya memilih Reza dan alhamdulillah dianya juga mau. Pas kebetulan Reza adalah best actor untuk citra award sampai tiga kali, dan itu merupakan sebuah penghormatan bagi kita," papar Aryanto.

Selain itu, BOS juga telah membuat program pemasaran mulai dari merchandising hingga meliris game Battle of Surabaya. Sedangkan filmnya sendiri ini diproyeksikan tayang di bioskop pada 20 Agustus 2015.

Share on Google Plus

About Farih

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

12 komentar :

  1. wahhh, ternyata ank bangsa juga kreatif2 ya gan..
    thanks infonya

    ReplyDelete
  2. haha nice infonya gan indonesia punya :D

    ReplyDelete
  3. Patut dibanggakan nih sama creator animasi Anak Bangsa, Mudah2an Creator animasi indonesia semakin jaya, tidak kalah dengan animasi yg dari luar negri

    ReplyDelete
  4. semoga aja bisa jadi kaya spongebob gan rating nya xixixi

    ReplyDelete
  5. Kreatif juga ank bangsa :D Semoga semakin jaya, kalo bisa ngalahin animasi luar :D

    ReplyDelete
  6. jangan sampe pilih opsi nomer satu deh bisa bahaya si dinsey jahat sebenernya

    ReplyDelete
  7. Udh Di Rilis Blm nih filimnya .. , jdi pngn liat :)

    ReplyDelete
  8. Keren gan, terus berkarya anak Indonesia :D

    ReplyDelete
  9. wehh hebat bener, keuntungan nya ajah sekitar hingga 15 juta dolar As :o

    ReplyDelete
  10. Nice Yah artikelnya memang orang indonesia itu kreatif

    ReplyDelete
  11. nice info gan , kreatifitas is number one

    ReplyDelete