iBlogmarket, Pasarnya Blogger dan Pengiklan Indonesia

yourswindow.blogspot.com

Berbekal pengalaman di dunia marketing digital, Dyah Eka Hidayati, Harimurti Restyadanov dan Niko T. Hidayat mendirikan startup iBlogmarket. Tujuannya adalah mempertemukan penulis dan blogger dengan perusahaan-perusahaan periklanan dalam satu wadah.

Dyah Eka Hidayati, Chief Executive Officer iBlogmarket, mengibaratkan konsep startup garapan mereka sebagai sebuah marketplace. Namun yang dijajakan berupa artikel, baik untuk keperluan search engine optimization (SEO) atau review produk.

iBlogmarket sendiri masih dalam tahap soft-launching dan baru live pada Februari 2015. Dalam rentang empat bulan, sudah ada sekitar 450 blogger, 60 penulis dan 5 advertiser yang bergabung. Dengan komposisi tersebut, sekitar 20 persen blogger dan 11 persen penulis sudah aktif digunakan oleh advertiser.

"Memang masih sedikit, namun buat iBlogmarket ini pencapaian pertama yang membahagiakan," ujar wanita yang akrab disapa Eka itu saat berbincang bersama Nextren, Selasa (17/6/2015).

Targetnya, dalam enam bulan sejak beroperasi, iBlogmarket ingin menggaet 1.000 blog dan 100 orang penulis. Selain itu mereka akan memperluas kerjasamanya dengan berbagai agensi digital di Jakarta.

Pasar konten marketing sejenis ini, menurut Eka sedang sangat menjanjikan. Terutama dengan mempertimbangkan data dari infografis global, bahwa 70 persen online marketers spending digunakan untuk mencari konten berkualitas. Di sisi lain, jumlah pengguna blog di Indonesia pun terus bertambah.

Mekanisme iBlogmarket

Publisher yang ikut bergabung dalam iBlogmarket pun dijanjikan kemudahan mendapatkan artikel terkait kebutuhan konten marketing mereka. Cukup memilih penulis yang dinilai cocok, menuliskan tema, keywords, hingga jumlah artikel yang ingin dibuat.

Selanjutnya kirimkan tugas tersebut ke satu atau beberapa penulis. Dengan demikian proses pembuatan konten jadi lebih sederhana melalui satu dashboard. Perusahaan iklan yang membutuhkan tidak perlu menghubungi blogger atau penulis satu per satu, seperti cara yang selama ini dilakukan.

"Menggunakan iBlogmarket, advertiser sudah punya dashboard sendiri dan bisa memilih penulis atau memberikan tema apa yang ingin digarap. Jadi lebih mudah," terang Eka.

Dia menambahkan, advertiser atau pihak lain yang membutuhkan layanannya bisa mendaftar gratis. Namun untuk menjalankan suatu campaign, melihat daftar penulis dan blogger atau memberikan tugas, harus terlebih dulu membayarkan deposit, minimal RP 100 ribu.

Deposit tersebut nantinya akan dipakai untuk membayar penulis atau blogger yang ditunjuk advertiser, dengan catatan tugas yang diberikan sudah terbukti selesai.

Bila tugas tidak selesai, deposit yang milik advertiser tidak akan terpotong. Begitu juga sebaliknya, bila penulis atau blogger sudah menyelesaikan tugas yang diberikan maka uang deposit akan dibayarkan.

Dengan demikian, keamanan bagi advertiser, penulis atau blogger pun sama-sama terjamin.

Eka mengatakan harga tulisan yang ada di iBlogmarket ditetapkan oleh pihaknya. Misalnya, posting satu artikel di blog biasa ditetapkan Rp 100 ribu, sedangkan di blog premium bisa mencapai Rp 2 juta. Kategorisasi ini pun mereka yang menentukan, salah satunya berdasarkan traffic bulanan blog.

Sumber : Nextren
Share on Google Plus

About Farih

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar :

  1. Wah, infonya mantep gan. tapi keywordnya dikuatin ya....
    Backnya, Done

    ReplyDelete
  2. mantep ni iBlogmarket, bagi para penulis artikel ini suatu terobaosan hebat karena bisa mempromosikan karya tulisnya ke perusahaan-perusahaan...

    ReplyDelete