Jejak Peradaban Prasejarah di Tepian Sungai Ciliwung Perlahan Musnah!


Siapa bilang di Jakarta tidak ada jejak peradaban era prasejarah? Temuan arkeolog sejak tahun 1970-an di tepian Ciliwung, sungai yang membentang dari Jakarta hingga Bogor ini terdapat jejak peradaban dan pemukiman.

Tapi sayangnya, cerita soal peradaban tepian Ciliwung hanya akan tinggal cerita. Tak seperti jejak peradaban di Sangiran yang terus diteliti, peradaban di Ciliwung seolah dilupakan dan tertelan zaman.

"Secara umum, sudah banyak yang hilang," terang Arkeolog UI Ali Akbar, Selasa (12/1/2016).


Ali menuturkan, sebenarnya di sepanjang Sungai Ciliwung sudah dilakukan eskavasi pada 1977 lalu. Tapi seiring waktu berjalan, situs-situs dilupakan. Menilik secara geografis, kawasan di pinggir sungai memang menjadi lokasi favorit untuk tempat tinggal sejak zaman dahulu.

"Bisa dikatakan, situs bersejarah yang dahulu pernah diteliti kini sudah musnah. Ada yang dijadikan tempat pemukiman, ada yang menjadi tempat sekolah. Ya mungkin ini karena ketidaktahuan," urai dia.

Sejarah Ciliwung membentang panjang. Ali menguraikan, sungai ini bermuara di laut Jawa yang tentu menjadi akses interaksi dengan bangsa lain.

"Ada pertukaran dan perdagangan dengan bangsa lain yang membuat daerah ini berkembang, misalnya kemudian pelabuhan Sunda Kelapa di masa Kerjaaan, kemudian menjadi Kota Batavia di era kolonial, dan sekarang menjadi Jakarta di era kemerdekaan," imbuh dia.

Ali bersama sejumlah aktivis dari Masyarakat Arkeologi Indonesia (MARI), kemudian dari Komunitas Ciliwung, Asosiasi Pilot Drone Indonesia, Bike to Work Indonesia, Geographical Mountaineering Club UI, GenKreatif, dan Komunitas Peta Hijau mencoba menggali kembali sejarah Ciliwung yang hilang.

Ada dua lokasi yang menarik diteliti, di kawasan Condet yakni makam Ki Tua dan di kawasan Kebun Buah milik Pemda DKI di Gang Goa Monyet di sekitar Jl Kayumanis.

"Di sana pernah ditemukan beberapa pecahan gerabah di permukaan tanah," tuturnya. 

Sumber : Detik News
Share on Google Plus

About Farih

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment